Senin, 31 Oktober 2011

Memahami Tenses Bagian II

      Nah, setelah kemarin saya posting tentang Present Tense atau masa sekarang. Pada postingan kali ini akan dilanjutkan ke postingan tentang masa lalu atau Past Tense. Sama seperti present pada empat bagian, simple, continous, perfect, dan perfect continous... Baiklah, langsung dimulai saja.

1. Simple Past Tenses
    Sama seperti simple present tense, tenses ini digunakan untuk menceritakan masa lalu. Hanya saja kita menggunakan bentuk kedua dari irregular verb...misalnya go menjadi went..
ex : I go to school diubah ke past tense menjadi I went go to school.

Sedangkan untuk kalimat yang menggunakan kata sifat, to be yang digunakan was or were. Was digunakan untuk subjeknya I,  She, He dan It. Sedangkan Were digunakan untuk subjeknya You, We, dan They. ex.



1.I was very happy when I met her

2. Amir and Budi were absent yesterday.


2. Past Continous Tense
    Digunakan untuk menyatakan kejadian yang sedang terjadi pada waktu yang spesifik di masa lampau. Dalam hal ini, spesifikasi waktu biasanya dinyatakan dengan jam (i.e. jam berapa kejadian itu berlangsung). ex

1. My daughter was watching TV at eight o’clock last night. (Anak saya sedang nonton TV jam 8 tadi malam).
2. She was copying the materials at 10 o’clock this morning. (Dia sedang memfotokopi materi jam 10 tadi pagi).
3. I was not being busy at 8 o’clock yesterday morning. (Saya sedang tidak sibuk jam 8 pagi kemarin).


3. Past Perfect Tense
   Umumnya, ada 5 penggunaan past perfet tense, yakni menyatakan kejadian/aktivitas (misalnya, kejadian A) sudah terjadi/dilakukan pada waktu yang tidak spesifik (unspecified/indefinite time) di masa lampau sebelum kejadian/aktivitas yang lain (misalnya kejadian B) di masa lampau, Untuk menyatakan kekerapan (berapa kali) kejadian/aktivitas,  untuk menyatakan terus berlangsung mulai dari waktu tertentu di masa lampau sampai waktu tertentu di masa lampau.

 Formulanya : Subject + had + verb3 + object + modifier

1.John had traveled around the world before he got married last year. (John telah bertamasya ke seluruh dunia sebelum dia kawin tahun lalu). Sebelum John kawin tahun lalu, dia telah melanglang buana ke seluruh dunia.

2. I had seen the Titanic two times when my friends forced me to join them to watch it again last weekend. (Saya telah nonton Titanic dua kali ketika teman-teman saya memaksa saya untuk menemani mereka menontonnya akhir pekan lalu ).
3. He had married her for 19 years when they finally had a baby last month. (Dia telah mengawininya selama 19 tahun ketika mereka akhirnya punya anak bulan lalu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar