Rabu, 26 Oktober 2011

Memahami Tenses

Huh...saya harus memulai tulisan ini dengan keluhan. Setelah bertahun-tahun saya tidak serius belajar bahasa khususnya bahasa inggris, akhirnya saya putuskan untuk belajar bahasa dengan serius. Sejak masih sekolah dasar saya belajar bahasainggris, namun dasar tidak serius semua yang masuk hanya masuk kuping kanan dan kemudian keluar kuping kiri.

Tulisan ini juga bagian dari memahami tenses. Saya agak kesulitan jika harus menghapalnya satu demi satu dari internet.

Baiklah, mari kita mulai.

Tenses adalah berbicara masalah waktu yakni masa lalu, sekarang dan masa akan datang. Secara sederhana tenses yang dipakaiyakni past tense, present tense dan future tense. Tetapi ada penambahan misalnya, keadaan ini masih terus berlangsung dari dulu hingga sekarang atau meerencanakan di masa sekarang apa yang akan terjadi di masa datang.

Tenses adalah berbicara masalah waktu yakni masa lalu, sekarang dan masa akan datang. Secara sederhana tenses yang dipakai yakni past tense, present tense dan future tense. Tetapi ada penambahan misalnya, keadaan ini masih terus berlangsung dari dulu hingga sekarang atau meerencanakan di masa sekarang apa yang akan terjadi di masa datang.

Ribet ya? Intinya gini aja, kalau continous berarti tengah berlangsung, perfect berarti baru saja terjadi tapi masih ada efeknya. Nanti tinggal digabung-gabung aja deh.



1.Simple Present Tense
  Tenses ini dipakai untuk menyatakan keadaan sekarang, fakta, generalisasi, kebiasaan atau rutinitas, situasi permanen,pernyataan, sesuatu yang pasti terjadi sesuatu yang sudah yang sudah direncanakan, narasi atau instruksi.

 Formulasinya hanya Subjek+Verb I untuk kalimat positif. Sedangkan untuk negatif Subjek+to be+not+verb 1 dan interogative

To be+Subjek+Verb I.

Untuk penggunaan to be sendiri dibagi dua. I, You, We, They menggunakan do, sedangkan he, she, it menggunakan does. Tetapi ingat sebenarnya penggunaannya hanya pada penggunaan negatif.

Sebenarnya pada kalimat positif to be ini sebenarnya ada, tetapi tidak diperlihatkan. Contonya I do love you, I do play football namun karena dihilangkan kalimat ini menjadi I love you, I play football. Mudah kan? Dari dulu saya binggung dengan pola ini, namun selama ini tidak ada yang bisa menjawab. Pertanyaan ini baru terjawab setelag googling. Thanks uncle google.

Nah dalam simple present tense ini juga ada penambahan. Khususnya untuk kalimat dengan menggunakan orang ketiga maka kata kerja harus ditambah S/ES. Contohnya He loves me, He plays the football.

Contohnya guru mengajar di kelas, bumi mengelilingi matahari atau saya tinggal di Jakarta. Atau jika ditulis dalam bahasa inggris nya.

+ Teacher teaches in the class
- Teacher doesn't teach in the class >>>>>> teach kembali bentuk semula karena udah ada does.
? Does teacher teach in the class?

+ The earth goes around the sun.
- The earth doesn't go around the sun
? Does earth go around the sun?

Kadang saya juga berpikir kalau dalam bahasa inggris tidak menggunakan S/ES yang ganda. Jika sudah mengerti ini klik di sini untuk latihannya

2. Present Continous
   Tenses ini digunakan untuk menyatakan keadaan yang masih berlangsung hingga sekarang, keadaan sementara, keadaan yang berlangsung sejak lama, janji atau rencana secara personal, tendensi atau tren, kejengkelan atau kemarahan.

Formulasinya adalah S+To be+ Verb ing.

Contohnya

+ I'm drinking a glass of juice >>>> kondisi saat ini
+ I'm riding a bike to get a work because my car is broken >>>>> kondisi sementara
+ They are not talking each other after the last argument >>>>> kondisi sementara
+ They are working hard to earn money >>> proses yang berlangsung lama namun masih terjadi
+ Jim is studying hard to become a doctor >>> proses yang berlangsung lama namun masih terjadi
+ I'm studying english hard to pass international desk >>> ini curhat...lewatkan saja
+ I'm meeting with Nicolas Saputra at 4 pm >>> sudah direncakan dan pasti terjadi (personal ya).
+ Our province is getting bigger >>> tendensi
+ I'm always asking the stupid question >>> ungkapan kejengkelan


Jika sudah memahami, klik di sini untuk latihannya.



3. Present Perfect Tense
   Nah tenses ini digunakan untuk mengekspresikan aksi yang terjadi sebelumnya atau memulai pada masa lalu hingga saat ini. Intinya, aktifitas itu masih mempunyai efek pada saat ini. Biasanya tenses ini sering menggunakan kata for atau since.

Formulasinya : S + have/has + Verb 3

+ I have eaten the apple
+ I have already had a breakfast.
+ He has been to England.
+ He has finished his work >>>> jadi sekarang dia bisa istirahat
+ Mary has worked as a teacher for over 25 years

Nah perlu diingat, mulai tenses ini harap menghapalkan irregular verb http://www.englishclub.com/vocabulary/irregular-verbs-list.htm

Untuk latihannya klik di sini


4. Present Perfect Continous Tense
   Tenses ini digunakan untuk menyatakan sudah berapa lama suatu keadaan/aksi berlangsung, keadaan yang baru aja berhenti dan situasi sementara. Check this out

Formula S + have/has + been + V-ing + Time marker

+ He has been painting the house for 5 hours >>>> dia masih mengecat
+ I have been waiting for you for half an hour! > sekarang saya tidak menunggu lagi karena kamu sudah datang
+ have been living here for 20 years
+ I have been living in Boston for two months
Untuk latihan klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar