Minggu, 31 Juli 2011

Makhluk Angkuh Bernama Manusia

  Pujangga angkatan '45, Chairil Anwar, dalam sajaknya berjudul Aku mengatakan keinginannya untuk hidup seribu tahun lagi.
  Namun apa daya, pada usia 26 tahun 10 bulan, ia meninggal dunia karena penyakit TBC. Tepatnya pada tanggal 26 April 1946.
  Apakah anda pernah menonton film The Island? Sebuah film besutan sutradara Michael Bay yang dirilis pada Juli 2005.
  Film ini menceritakan tentang  Lincoln Six Echo (Ewan McGregor) yang hidup di sebuah senyawa yang sangat ketat peraturannya. Pengawasan dilakukan pada semua aspek, kalori yang masuk, pakaian yang digunakan, aktivitas hingga hubungan sosial.
  Saat itu, kondisi bumi terkontaminasi patogen yang mematikan. Dan satu-satunya tempat yang tidak terkontaminasi adalah Pulau. Semua penduduk sangat menginginkan pergi ke Pulau. Untuk mendapatkan itu, harus memenangkan lotre.

  Hingga pada suatu hari, Lincoln menyadari bahwa dunia tidak terkontaminasi. Pulau yang dijanjikan hanya omong kosong. Penduduk yang memenangkan lotre dibawa ke ruang operasi dan diambil organ tubuh. Ya, sebab mereka merupakan kloning dari orang kaya yang menginginkan transplantasi organ dan ingin hidup lebih panjang.
  Manusia, ya manusia. Makhluk angkuh yang menginginkan selalu muda dan kaya raya. Bahkan dengan ambisinya, ingin menaklukan dunia. Tapi lebih dari itu, ingin hidup seribu tahun.
  Berbagai cara dilakukan para ilmuwan, agar hidup bisa lebih panjang dan tentu saja tanpa rasa sakit.
  Silahkan anda mengatakan ini tidak mungkin. Tapi bagi manusia (selagi sebagai makhluk angkuh) mengatakan hal ini mungkin. Walaupun nantinya kematian (apapun sebabnya) sudah suratan.
  Majalah National Geographic (NG) edisi Maret 2011, menyebutkan pada masa depan, orang yang membutuhkan bagian tubuh bisa mendapatkannya kembali. Tentu saja ditumbuhkan di laboratorium dari organ mereka sendiri.
  Teknik ini dinamakan Teknik Kantong Kemih yang dikembangkan Anthony Atala dari Wake Forest Institute for Regenerative Medicine di Winston-Salem, North Carolina.
  Para peneliti mengambil sel-sel yang sehat dari tubuh manusia yang menderita penyakit kantong kemih, meletakkannya di cawan petri. Dan membiarkan sel-sel itu memperbanyak diri dan kemudian menerapkannya pada sebuah perancah berbentuk balon yang sebagian besar terbuat dari kolagen (protein).
  Saat ini Amerika lebih dari 100 ribu jiwa yang menunggu transplantasi organ; dan 18 orang diantaranya meninggal dunia. Tentu saja mereka semua menginginkan kehidupan yang lebih panjang tanpa rasa sakit. Hidup manusia...  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar